latihan soal audit manajemen
Makul:
Audit Manajemen
Bab
I: Soal Latihan
1.
Jelaskan
pengertian audit manajemen!
2.
Jelaskan
perbedaan audit manajemen dengan audit keuangan!
3.
Jelaskan
mengapa perlu dilakukan audit manajemen dalam perusahaan/organisasi bisnis!
4.
Sebutkan
disertai penjelasan tentang tujuan audit manajemen!
5.
Jelaskan
manfaat audit manajemen!
6.
Sebutkan
disertai penjelasan tentang ruang lingkup audit manajemen!
7.
Jelaskan
strategi pendekatan audit manajemen!
Jawaban
1.
Audit
manajemen adalah pengevaluasian terhadap efiensi dan efektifitas operasi yang
meliputi berbagai bidang yang luas dalam perusahaan.
2.
Audit
manajemen itu berbagai bidang di perusahaan yang mengatur seluruh operasi dalam
perusahaan, entah dalam bidang prosedur, metode penilaian, kelayan DLL.
Sedangkan audit keuangan itu suatu kegiatan/proses untuk mengevaluasi dalam
bidang pendanaan oprasional.
3.
Karena
suatu perusahaan/organisasi tanpa audit mnajamenen tidak akan berjalan dengan
lancar, karna suatu kgiatan pasti diataur dan terorganisir dalam bidang-bidang
tersebut.
4.
I.
Untuk menilai kinerja dari manajemen dan berbagai fungsi dalam perusahaan.
II. menilai
sumber daya manusia, mesin, dana dan lainnya yang dimiliki perusahaan. Untuk
digunakan secara efisien dna ekonomis.
III. menilai
efektifitas perusahaan untuk mencapai tujuan yg di tetapkan.
IV. untuk
memberikan rekomondasi, memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam
struktur pengendalian.
5.
Manfaat
audit manajemen dapat mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan prosedur
dari struktur organisasi.
6.
Strateginya
yaitu: untuk mempermudah suatu perusahaan untuk mengetahui/memantau suatu
kgiatan yang ada di dalamnya.
7.
Bab II: Soal Latihan
1.
Jelaskan
pengertian administrasi audit manajemen!
2.
Apa
manfaat administrasi audit manajemen?
3.
Jelaskan
perencanaan pemeriksaan!
4.
Jelaskan
pelaksanaan dan pengendalian pemeriksaan!
5.
Jelaskan
monitoring pemeriksaan!
6.
Jelaskan
mengapa monitoring pemeriksaan harus selalu dilakukan!
Jawaban
1.
Administrasi
audit manajemen adalah pengorganisasian yang selalu dikaitkan dengan audit
utama (prymary audit objective).
2.
I.
Setiap tahap kegiatan bisa dikomunikasikan kepada semua tim audit.
II. dapat
memberikan tugas kepada auditor dan supervisor
III. unuk
membandingkan kegiatan dengan rencana yang telah disetujui dan persyaratan yang
telah ditetapkan
IV. membantu
auditor untuk berpengalaman dan membiasakan dengan ruang lingkup, tujuan serta
langkah-langkah kegiatan audit
V. membantu
auditor untuk mengenali sifat pekerjaan yang dikerjakan
VI. mengurangi
kegiatan pengawasan langsung oleh supervisor
3.
Perencanaan
pemeriksaan merupakan rencana dan langkah kerja yang harus dilakukan selama
audit, yang didasarkan tujuan dan sasaran tentang aktivitas yang diaudit.
4.
Pelaksanaan
dan pengendalian pemeriksaan yaitu audit pendahuluan, riview dan pengujian
pengendalian manajemen, audit terinci, pelaporan, dan tindak lanjut.
5.
Monitoring
pemeriksaan yaitu proses yang menentukan kualitas kinerja pengendalian intrn
sepanjang waktu.
6.
Karean
monotoring pemeriksaan selalu dilakukan agar segala sesuatu yang telah diaudit
atau hasil auditnya dapat dipelihara dengan baik untuk ditingkatkan
/diperbaiki, dijaga, segala aktivitas perusahaan dapat berjalan sesuai dengan
tujuan yang telah ditetapkan.
Bab
III: Soal Latihan
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan hubungan manusia dalam audit manajemen!
2.
Jelaskan
manfaat hubungan manusia yang harmonis dalam audit manajemen!
3.
Menurut
Anda, bagaimana hubungan manusia yang harmonis dalam audit manajemen iti?
4.
Auditor
harus memiliki prinsip etika, Apa saja prinsip etika itu?
Jawaban
1.
Suatu
proses interaksi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain untuk
mendapatkan pemahaman saling pengertian, kesadaran, dan kebutuhan sosial
psikologis.
2.
Apabila
ada kedua pihak mampu membangun hubungan yang baik, maka pintu kebahagiaan/harmonis
akan datang karena kedua pihak tersut saling memahami satu sama lain untuk
menentukan tujun dan arah yang di tuju.
3.
Menurut
saya hubungan yang harmonis dalam audit manajemen yang terpenting adalah saling
mendukung, dan mau bekerja sama dalam segi bidang apapun. Karena tujuan itu
untuk kebersamaan.
4.
Integritas,
objektivitas, kompetensi (hati-hati), kerahasiaan, dan profesional.
Bab IV: Soal Latihan
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud kinerja manajerial!
2.
Jelaskan
apa yang dimaksud sistem pengendalian manajemen (SPM)!
3.
Sebutkan
apa yang dimaksud sistem pengendalian manajemen (SPM)?
4.
Jelaskan
sasaran audit manajemen terhadap manajerial!
Jawaban
1.
Sebuah
audit dalam rangka mendapatkan gambaran mengenai kinerja sebuah perusahaan
organisasi secara keseluruhan.
2.
Suatu
sistem yang digunakan oleh manajer untuk merencanakan kegiatan organisasi dan
mengendalian pelaksanaan kegiatan tersebut, proes yang dilaksanakan yaitu
perumusan strategi, pengendalian manajemen, dan pengendalian operasional.
3.
Yang
pertama perumusan strategi, yang kedua pengendalian manajemen dan yang ketiga
pengendalian operasional.
4.
Kegiatan/aktivitas
program, dan bidang-bidang lain dalam perusahaan/organisasi yang diketahui atau
diidentifisikan masih memerlukan perbaikan atau peningkatan baik dari segi
ekonomis,efisiensi, dan efektivitas.
Bab V: Soal Latihan
1.
Apa
yang dimaksud dengan audit SDM?
2.
Apa
tujuan audit SDM?
3.
Apa
manfaat audit SDM?
4.
Pendekatan
apa saja yang digunakan dalam audit SDM?
5.
Sebutkan
dan jelaskan ruang lingkup dari audit SDM?
6.
Apakah
audit SDM dapat menghindarkan perusahaan dari dampak negatif keputusan di
bidang SDM yang tidak tepat?
7.
Dalam
melaksanakan tugas audit SDM, bagaimana seharusnya auditor menjaga hubungannya
dengan pihak perusahaan yang diaudit?
8.
Dalam
audit SDM, untuk apa auditor melakukan review dan pengujian terhadap
pengendalian manajemen perusahaan?
Jawaban
1.
Merupakan
tinjauan berkala yang dilakukan oleh departemen SDM untuk mengukur efektivitas
penggunaan SDM yang terdapat di dalam suatu perusahaan/organisasi, memberikan
suatu perspektif yang komprehensif terhadap praktik sumber daya yang berlaku
sekarang,
2.
Bertujuan
untuk mengevaluasi kekuatan-kekuatan dan kelemahan tentang kerja dalam
perusahaan/organisasi yang ada sekarang kemudian mencocokannya kembali dengan
syarat yang dibutuhkan untuk masa yang akan datang.
3.
Meningkatkan
citra profesional departemen SDM, mendorong kebijakan dan praktik SDM,
memperjelas tugas dan tanggung jawab departemen SDM, untuk lebih profesional
dalam bekerja dan tanggung jawab, menentukan masalah kritis, mentaati hukum dan
peraturan, menurunkan biaya SDM melalui prosedur yang lebih efektif, meningkatkan
keinginan untuk berubah dalam departemen SDM, memberikan evaluasi yang cermat
terhadap sistem informasi SDM.
4.
Menentukan
kepatuhan hukum dan peraturan yang berlaku, mengukur dengan sesuai program
dengan tujuan organisasi, dan menilai kinerja program dri lembaga.
5.
I.
Perolehan: SDM dari awal di proses perencanaan kebutuhan hingga proses seleksi
dan penempatan. II. pengelolaan: aktifitas SDM yang ada di perusahaan, dari
pelatihan dan pengembangan sampai penilaian kinerja karyawan. III. Penghentian
: pengurangan SDM yang disebabkan karena pensiun, mengundurkan diri dan
pemecatan akibat pelanggaran aturan perusahaan.
6.
Bisa,
karena audit SDM ini menatur berjalan suatu perusahaan untuk menentukan arah
yang benar, supaya tidak ada kendala/permasalahan dalam organisasi yang ada di
perusahaan tersebut
7.
Yang
pertama menjaga komunikasi yang baik dengan atasan/bawahan, yang ke dua saling
menghormati sesama/dengan organisasi lain, yang ke tiga saling mendukung untuk
memajukan perusahaan/hasil yang baik.
8.
Untuk
mengetahui di bagian mana yang masih lemah dalam bekerja, kedisiplinan,
produksi dan lain-lain.
BAB VI: Soal
latihan
1.
Jelaskan
pengertian audit manajemen fungsi produksi dan operasi
2.
Jelaskan
tujuan audit manajemen fungsi produksi dan operasi
3.
Jelaskan
manfaat audit manajemen fungsi produksi dan operasi
4.
Jelaskan
ruang lingkup audit manajemen fungsi produksi dan operasi
5.
Jelaskan
strategi pendekatan audit manajemen fungsi produksi dan operasi
6.
Jelaskan
kriteria prinsip-prinsip umum fungsi produksi dan operasi
Jawaban
1.
Audit
produksi dan operasi melakukan penilaian untuk menentukan berjalannya dengan
baik (ekonomis, efektif, dan efisien).
2.
Bertujuan
untuk menilai setiap program/aktivitas produksi dan operasi yang melalui
pengelolaan sumber daya yang ekonomis dan efisien.
3.
>dapat
memberikan gambaran ketaatan dan kemampuan produksi dan operasi
>memberikan
informasi usaha-usaha perbaikan dan hambatan-hambatan
>menentukan
area permasalahan secara keseluruhan
>dapat
menilai kekuatan dan kelemahan strategi produksi dan operasi
4.
Lingkup
produksi dan operasi, strategi, organisasi, produktivitas, dan fungsi.
5.
Dalam
strategi pendekatannya melalui riset pasar, desain produk, proses produksi.
6.
>tujuan
utama untuk menentukan berjalannya proses produksi dan operasi berjalan sesuai
dengan kriteria.
>secara
objektif dan sistematis dalam menganalisa kriteria yang telah ditetapkan
>auditor
harus bisa mengklarifikasi yang tidak sesuai standar produksi dan operasi.
BAB VII: soal latihan
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan audit pemasaran
2.
Jelaskan
apa tujuan audit pemasaran
3.
Jelaskan
apa manfaat audit pemasaran
4.
Jelaskan
apa saja yang menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan auditor yang akan melaksanakan
audit pemasaran
5.
Sebutkan
dan jelaskan jenis audit pemasaran
6.
Apa
saja ruang lingkup audit pemasran
7.
Bagaimana
lingkungan pemasaran memengaruhi keputusan upaya pemasaran
Jawaban
1.
Pengujian
yang komprehensip, sisitematis, independen, dan dilakukan secara periodik untuk
meningkatkan kinerja pemasran perusahaan.
2.
Menilai
setiap program/aktivitas melalui pengelolaan sumber daya yang ekonomis dan
efisien.
3.
Dapat
memberikan gambaran objektif kinerja pemasaran perusahaan dan kekurangan yang
masih memerlukan perbaikan.
4.
>
audit pendahuluan
>review dan
pengujian
>audit
lanjutan
>pelaporan
5.
>lingkungan
mikro yaitu kekuatan disekitar perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya dalam
melayani pelanggannya.
>lingkungan
makro yaitu kekuatan yang lebih luas yang mempengaruhi segenap lingkungan mikro
perusahaan dan keputusan strategis pemasaran.
6.
Mikro
dan makro
7.
Perusahaan
harus menyesuaikan bauran pemasarannya untuk mengikuti tren dan perkembangan di
dalam lingkungan ini.
BAB VIII: soal latihan
1.
Jelaskan
pengertian audit manajemen fungsi manufaktur
2.
Apa
yang mendorong pihak manajemen untuk melakukan audit fungsi manufaktur
3.
Jelaskan
fungsi audit manajemen fungsi manufaktur
4.
Jelaskan
tujuan audit manajemen fungsi manufaktur
5.
Jelaskan
ruang lingkup audit manajemen fungsi manufaktur
6.
Jelaskan
langkah-langkah audit manajemen fungsi manufaktur
Jawaban
1.
Pemeriksaan
yang komperehensip dari sebuah proses untuk menentukan apakah kinerja
memuaskan.
2.
A
3.
Untuk
meningkatkan kegunaan dari tenaga dan keterampilan, bahan dan peralatan, dana serta
informasi menjadi barang atau jasa yang siap di pasarkan.
4.
>ditaati
atau tidak, ketentuan dari prosedur yang telah di berlakukan dalam perusahaan
>pencapaian
efektifitas pengelolaan kegiatan
>dicapainya
efisiensi dalam pengelolaan kegiatan fungsi manufacturing
5.
>sistem
transformasi yaitu masukkan, proses dan out
>fungsi
manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian
6.
>merumuskan
maksud dan tujuan dari dilaksanakannya audit manufacturing
>menentukan
ruang lingkup audit yang akan dijalankan
>melakukan
audit pendahuluan untuk mendapatkan data dan informasi yang bersifat umum\
>menyusun
program dan prosedur audit yang akan dilaksanakan
>melaksanakan
audit yang ditetapkan sesuai dengan program dan prosedur
>mengolah
dan menganalisis hasil temuan
>membuat
laporan ikhtisar temuan yang penting dan saran perbaikan
BAB IX: soal
latihan
1.
Jelaskan
pengertian audit kepastian mutu (kualitas)
2.
Jelaskan
peranan dan tujuan audit kepastian mutu
3.
Apa
yang mendorong pihak manajemen melakukan audit kepastian mutu
4.
Jelaskan
manfaat audit kepastian mutu
5.
Jelaskan
ruang lingkup audit kepastian mutu
6.
Jelaskan
bagaimana proses audit perusahaan dapat meningkatkan nilai tambah
Jawaban
1.
Proses
sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti objektif dan menilainya
secara objektif untuk memenuhi standar kualitas dalam operasi perusahaan
2.
Komentar
Posting Komentar